Keripik Jamur

 On Tuesday, April 13, 2010  

Keripik jamur adalah salah satu makanan khas Kabupaten Wonosobo yang banyak digemari oleh wisatawan. Dahulu Keripik jamur hanya digunakan sebagai bahan makanan  basah, kini masyarakat Wonosobo lebih inovatif dengan megolah jamur menjadi keripik.

Keripik jamur disamping rasanya yang gurih, cocok untuk dimakan di perjalanan atau untuk oleh - oleh.

Keripik jamur berkadar protein lebih tinggi dibandingkan dengan beras (7,38 %) dan gandum (13,2 %). Ada sembilan jenis Asam amino esensial yang terdapat pada keripik jamur yaitu : lysin, methionin, tryphtofan, theonin, valin, leusin, isoleusin, histidin, dan fenilalanin. Tidak hanya itu Jamur dikenal sebagai makanan yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Selain keripik jamur ada lagi Kacang Dieng, atau sering disebut dengan kacang babi. namanya aneh yang sering membuat penasaran para wisatawan. Kacang babi berasal dari jenis tumbuhan kacang - kacangan dan tidak ada hubunganya dengan binatang babi.

Mengenai rasa kacang babi tidak kalah gurih dengan keripik jamur, bedanya kacang babi berwarna kekuning kuningan, sedangkan keripik jamur berwarna agak gelap / hitam.

Keripik jamur dan kacang babi banyak diperoleh di pusat oleh - oleh Wonosobo atau di setiap lokasi wisata.

 Resep Membuat Kripik Jamur Tiram
Bahan:
* 300 g jamur tiram, bersihkan
* 200 g jamur kancing segar, iris tipis
* 225 g tepung beras
* 50 ml air
* 500 ml minyak goreng

Bumbu Halus:
* 6 siung bawang putih
* 1 sdm ketumbar
* 1 sdt garam

Cara Membuat:
* Campur bumbu halus dengan air, aduk rata, campur dengan jamur, ratakan, diamkan lebih kurang 20 menit sampai bumbu meresap.
* Tiriskan jamur berbumbu sambil agak diperas agar tidak terlalu basah.
* Lumuri jamur dengan tepung beras sampai rata, goreng sedikit-sedikit sampai matang dan kering.

Untuk 4 porsi.

TIP
1. Sebelum disimpan dalam stoples, sebaiknya jamur yang telah matang didinginkan dahulu. Bila kurang kering, panggang dalam oven dengan api kecil sampai kering.
2. Tidak hanya jamur yang dapat dibuat keripik berlapis tepung beras seperti di atas, wortel iris tipis, bayam atau daun katuk dapat pula digunakan untuk variasi bahan pembuatan keripik sayur.

Nilai gizi per porsi:
Energi: 136 Kkal
Protein: 6,2 g
Lemak: 4,1 g
Karbohidrat: 20,8 g
Keripik Jamur 4.5 5 Wonosobo Community Tuesday, April 13, 2010 Keripik jamur adalah salah satu makanan khas Kabupaten Wonosobo yang banyak digemari oleh wisatawan....


No comments:

Post a Comment

Search

Loading...