Ruwatan Cukur Rambut Gembel

 On Wednesday, January 20, 2010  

Mungkin anda sering melihat rambut gimbal di kalangan musisi reagge, yang terlihat populer. untuk mendapatkan rambut gimbal seperti kalangan musisi reage harus melalui perawatan khusus,seperti tidak boleh membasahi rambut dalam jangka empat hingga enam minggu, menjauhi produk yang menggandung kadar minyak tinggi, dan lain sebagainya.

Tapi jika anda berkunjung ke dataran tinggi dieng Kecamatan Kejajar, Wonosobo. Situasinya akan berbeda. anda akan banyak melihat anak - anak di dataran tinggi dieng Wonosobo yang memiliki rambut gembel yang tumbuh secara alami.

Menurut masyarakat setempat rambut gembel dianggap sebagai "Balak" / bisa membawa musibah. Tradisi masyarakat di Dieng, Wonosobo dan sekitarnya mengharuskan anak - anak diatas umur 7 tahun yang memiliki rambut gembel harus melakukan ruwatan cukur gembel. Tujuanya agar "Balak" yang ditimbulkannya sirna.

Upacara ini akan dilangsungkan setelah Si anak mengajukan permintaan kepada orang tuanya, biasanya permintaan ini sulit dipenuhi.

Upacara ini dilakukan diawali dengan cara memasukkan cincin ke dalam gembel yang terpanjang disertai dengan d'oa dan sesaji "Bucu Robyong" selanjutnya baru dilakukan pencukuran. Biasanya diteruskan dengan
pertunjukan wayang kulit bagi yang mampu, dengan cerita "Ngruwat  Anak Rambut Gembel".

Mitos Rambut Gembel
Ada sebagaian masyarakat Dieng, Wonosobo dan sekitarnya  yang percaya anak yang berambut gembel merupakan keturunan Ki Kolodete (Salah satu pendiri kota Wonosobo), pada suatu ketika Ki Kolodete bersumpah tak akan memotong rambutnya dan tak akan mandi sebelum daerah yang akan dibangunya makmur. Kelak, keturunanya akan mempunyai ciri seperti dirinya. itu salah satu pertanda akan membawa kemakmuran bagi desa yang ditinggalinya.

Ada juga versi mitos yang lainya seperti anak rambut gembel merupakan kesayangan Nyi Roro Kidul sedangkan lainya menyebutkan bahwa anak rambut gembel merupakan titisan Keling yang menjadi anak kesayangan "dayang" yang menghuni kawasan Dieng.

Keberadaan rambut gembel bisa menjadi sebuah fenomena, karena hanya anak - anak di  kawasan dieng, Wonosobo dan sekitarnya yang mengalaminya. biasanya ciri - ciri  anak yang akan tumbuh rambut gembel disertai panas yang tinggi.

Sampai dengan saat ini keberadaan rambut gembel masih menjadi misteri dan belum ada penelitian
medis mengenai fenomena tersebut. Tapi dibalik itu semua, Ruwatan cukur rambut gembel mampu menjadi daya tarik pariwisata di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo.
Ruwatan Cukur Rambut Gembel 4.5 5 Wonosobo Community Wednesday, January 20, 2010 Mungkin anda sering melihat rambut gimbal di kalangan musisi reagge, yang terlihat populer. untuk mendapatkan rambut gimbal seperti kalangan...


No comments:

Post a Comment

Search

Loading...