PTK untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru

 On Wednesday, December 30, 2009  

Guru SD Di Kabupaten Wonosobo sedang disibukkan dengan pembuatan PTK (Penelitian tindakan Kelas). Hal ini untuk peningkatan mutu pendidikan di Sekolah pada umumnya. Pada pelaksanaannya PTK digunakan untuk menyelesaikan masalah yang ada di sekolah-sekolah. Terutama yang berkaitan dengan masalah siswa dalam belajar. Namun tujuan sebenarnya PTK untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam mendidik siswa dan utamanya diharapkan agar siswa dapat menerima materi pelajaran dengan mudah. Sehingga proses pembelajaran menjadi berhasil.

Sebagai contoh di sekolah dasar, banyak sekali kasus yang dapat kita temukan. misalnya saja di SD 1 Parikesit Kecamatan Kejajar, di kelas 3 pada saat ulangan matematika tentang perkalian dua angka, terdapat 70 % siswa yang mendapat nilai dibawah KKM (kriteria ketuntasan mengajar). Guru memberikan KKM pada mata pelajaran matematika adalah 60. Dari hasil ulangan ini menandakan bahwa pembelajaran matematika  tentang perkalian dua angka di kelas 3 tidak berhasil.

Guru yang bijak secara otomatis harus mencari tahu dimana letak kesalahan dalam pembelajaran yang harus diperbaiki. Bukannya membiarkan begitu saja. Guru dalam PTK janganlah sungkan untuk bertanya kepada
teman sejawat. Untuk mencari solusi kasus pembelajaran diatas guru mengidentifikasi kasus tersebut terlebih dahulu. Ada beberapa masalah yang dapat kita identifikasi yang diantaranya; apakah dalam  pembelajaran guru sudah menerapkan metode pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa? ataukah belum?  apakah dalam penyajian materi ikut mengaktifkan siswa?                                                                                     

Dilanjutkan dengan pelaksanaan pembelajaran dengan metode pembelajaran yang telah ditentukan bersama teman sejawat. Selanjutnya dilihat apakah hasil belajar siswa meningkat? ternyata dengan menggunakan kartu bilangan untuk menanamkan konsep perkalian dua angka dikelas tiga dapat menarik dan mengaktifkan siswa. Sehingga hasil pembelajaran dapat meningkat. Hal ini dibuktikan dengan nilai ulangan matematika tentang perkalian dua angka, 70 % Siswa mendapat nilai diatas KKM. Jadi setelah adanya PTK pembelajaran menjadi berhasil.

Hal-hal yang semacam itulah yang harus dilakukan seorang guru. Agar pembelajaran mudah diterima anak dan hasil pembelajaran yang memenuhi ketuntasan belajar yang diharapkan.                                                                                                                                     

Afif Witdiyanto (SD I Parikesit)
Kejajar, Wonosobo

    PTK untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru 4.5 5 Wonosobo Community Wednesday, December 30, 2009 Guru SD Di Kabupaten Wonosobo sedang disibukkan dengan pembuatan PTK ( Penelitian tindakan Kelas ). Hal ini untuk peningkatan mutu pendi...


    No comments:

    Post a Comment

    Search

    Loading...